Lebaran Ketupat, Janur & Kue Lepet Laris Manis di Jombang

Sabtu, 25 Agustus 2012 - 10:12 wib wib
Mukhtar Bagus - Sindo TV
Warga memburu janur untuk dibikin ketupat (Dok: Sindo TV/Mukhtar Bagus)
Warga memburu janur untuk dibikin ketupat (Dok: Sindo TV/Mukhtar Bagus)
JOMBANG - Pedagang janur di pasar-pasar di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, diserbu pembeli. Warga berbondong-bondong membeli janur, bahan membuat ketupat karena pada Minggu besok atau tujuh hari setelah Idul Fitri 1433 H, sebagian besar masyarakat Muslim di Jawa merayakan Hari Raya Ketupat.

Warga, sejak Sabtu (25/8/2012) subuh, mendatangi pasar-pasar memilih dan mengambil janur karena khawatir tidak kebagian.

Pada Hari Raya Ketupat, warga memasak ketupat lalu dibawa ke musala atau masjid masing-masing untuk didoakan bersama-sama. Setelah itu, ketupat dibagikan atau dimakan bersama keluarga.

Hari Raya Ketupat memberi berkah bagi para pedagang di pasar-pasar tradisional. Warga yang tidak ingin mengolah sendiri janur langsung membeli ketupat jadi.

Harga janur pada Hari Raya Ketupat cukup tinggi, yakni Rp4.000 untuk 10 lembar. Sementara ketupat jadi Rp5.000 sampai Rp6.000 untuk 10 buah.

Selain janur, panganan khas Hari Raya Ketupat ialah kue lepet. Seperti halnya janur, kue lepet juga laris manis. Kue lepet dijual Rp1.000 per buah.