Ratusan Buruh dan Polisi Saling Baku Hantam di Jombang

Rabu, 05/09/2012 10:52 WIB
Tamam Mubarrok - detikSurabaya
Jombang - Unjukrasa ratusan buruh PT Mentari Internasional (MI) menolak tenaga outsourching di Jombang diwarnai bentrok dengan aparat keamanan, Rabu (5/9/2012).

Sejumlah buruh awalnya terlibat saling dorong. Namun bentrokan pecah, buruh dan polisi saling pukul. Polisi terpaksa membubarkan unjukrasa ini.

Bentrokan bermula saat para buruh yang berunjukrasa memblokir pintu masuk pabrik. Sejumlah buruh yang hendak masuk dan hendak bekerja, dihadang buruh lainnya agar mengikuti unjukrasa. Akibatnya, antrean panjang di depan pabrik membuat Jalan Raya Surabaya - Yogyakarta macet.

Akibatnya, polisi yang berjaga langsung membubarkan paksa jalannya unjukrasa ini. Karena menolak dibubarkan, ratusan buruh dan aparat keamanan yang berjaga, terlibat aksi dorong dan adu pukul. Kericuhan ini membuat situasi di depan pabrik semakin memanas dan polisi kembali menerjunkan satu pleton pasukan Dalmas.

Aksi mogok kerja dan unjukrasa menolak outsourching ratusan buruh ini dilakukan untuk menindaklanjuti aksi sebulan yang lalu. Para buruh menganggap pabrik mainan kayu ini tak pernah merespon tuntutan penolakan tenaga outsourching.

Menurut Muji Harjo, salah satu buruh, aksi ini menuntut pembayaran kurangnya upah kerja lembur sesuai pemberlakuan Jamsostek dan terlebih menolak tenaga outsourching. Yang belum direalisasikan pihak pabrik hanya penetapan tenaga kerja sebagai karyawan tetap.

"Rencananya aksi ini akan terus kita lakukan hingga seluruh tuntutan dipenuhi manajemen pabrik," kata Muji Harjo.
(fat/fat)