KarSa Minta Restu Ribuan Jamaah Toriqoh Peterongan Jombang

Pilgub Jatim
KarSa Minta Restu Ribuan Jamaah Toriqoh

Kamis, 21 Februari 2013 14:06:20 WIB
Reporter : Yusuf Wibisono


Jombang - Pasangan Soekarwo - Saifullah Yusuf atau Karsa mengahadiri acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar Jamaah Toriqoh Qodiriyah Wan Naqsabandiyah di Ponpes Darul Ulum Rejoso Peterongan, Jombang, Kamis (21/2/2013).

Di hadapan ribuan hadirin, Soekarwo berterus terang minta doa restu karena akan maju lagi dalam pemilihan gubernur (Pilgub) Jatim yang digelar Agustus 2013 mendatang. "Saya dan Gus Ipul akan mencalonkan lagi pada pilgub mendatang. Untuk itu, saya minta doa restu kepada semuan jamaah toriqoh yang hadir," kata Soekarwo yang disambut dengan teriakan 'amin' secara bersama-sama.

Pria yang identik dengan kacamata dan brengos ini menambahkan, banyak hal yang sudah ia lakukan selama empat tahun kepemimpinan di Jatim bersama Gus Ipul. Di antaranya, mendorong sektor pendidikan berbasis pesantren lewat bantuan dana madrasah diniyah atau madin.

Pakde Karwo, sapaan akrab Soekarwo, menambahkan, pembangunan bidang pendidikan agama itu sangat penting. Karena hal itu terkait erat dengan moral dan etika. Oleh karenanya, di saat daerah lain didera kasus yang berkaitan etika, namun di Jatim aman-aman saja. "Jatim aman itu tidak lepas dari peran pondok pesantren dan madrasah diniyah," ujarnya.

Bukan hanya itu, pihaknya juga terus memerangi kemaksiatan di Jatim. Yakni, melakukan penutupan sejumlah lokalisasi. Mulai dari Tulungagung, Blitar, hingga Surabaya. Bukan hanya penutupan tanpa solusi, namun pemprov juga memberikan modal kerja bagi eks penghuni lokalisasi tersebut. "Selain kita beri modal sebesar Rp 3 juta, mereka juga kita bekali keterampilan seperti menjahit dan berdagang," ujar gubernur Jatim ini.

Hal senada juga dilontarkan oleh Wagub Saifullah Yusuf atau Gus Ipul. Ia dan Pakde Karwo akan maju lagi dalam pemilihan gubernur. "Saya tidak akan berbicara panjang lebar, karena sudah dikupas Pakde. Saya hanya minta doa restu untuk mencalonkan lagi dalam pilgub," ujarnya. [air/suf]