Dikawal Banser, Pasangan WIRA Daftar KPU Jombang

Pilbup Jombang
Dikawal Banser, Pasangan WIRA Daftar KPU
 
Jum'at, 22 Februari 2013 18:10:15 WIB
Reporter : Yusuf Wibisono

Jombang - Pasangan Bacabup (Bakal Calon Bupati) - Bacawabup (Bakal Calon Bupati) Widjono Soeparno - Sumrambah (WIRA) mendaftarkan diri ke KPU Jombang, Jumat (22/2/2013). Pasangan yang diusung oleh PDI Perjuangan ini dikawal pasukan Banser (Barisan Ansor Serbaguna) saat konvoi dari kantor DPC ke KPU setempat.

Bukan hanya itu, iring-iringan sepeda motor dan rombongan abang becak juga ikut serta. Sepanjang perjalanan mereka tak henti menerikkan hidup WIRA. Pemberangkatan pasangan nasionalis tersebut diawali dengan pemotongan tumpeng di kantor DPC PDI Perjuangan. Selanjutnya, lantunan shalawar badar di kantor yang didominasi warna merah itu.

Sesampai di kantor KPU, rombongan Widjono - Sumrambah langsung disambut oleh Ketua KPU, Machwal Huda serta anggota lainnya. Mereka kemudian memeriksa berkas pendaftaran calon tersebut. Pasangan WIRA berada di dalam, ratusan pendukungnya menunggu di luar.

"Setelah kami lakukan pemeriksaan, pasangan WIRA memenuhi persayaratan. Karena pasangan ini diusung oleh PDI Perjuangan yang notebene mempunyai 12 kursi di dewan. Untuk tahapan selanjutnya, seperti pemeriksaan kesehatan, kita umumkan menyusul," kata Machwal Huda.

Usai pendaftaran, Widjono mengatakan, pihaknya siap mematuhi tahapan pemilukada Jombang yang telah ditetapkan oleh KPU. Selain itu, lanjut Widjono, pasangan WIRA juga siap menciptakan pilkada yang aman, kondusif, dan berkualitas.

"Selain diusung oleh PDI Perjuangan, kami juga didukung oleh dua partai lainnya. Yakni Partai Hanura yang memiliki tiga kursi, dan PKPB yang memiliki dua kursi di dewan. Kami juga berterimakasih kepada Partai Nasdem Jombang yang ikut mengantar sekaligus penyemangat bagi WIRA," kata adik kandung mantan gubernur Jatim, Imam Utomo, ini.

Hal senada juga dilontarkan Sumrambah, cawabup PDI Perjuangan. Menurutnya, pasangan WIRA siap mengantarkan pilkada Jombang kondusif dan berkualitas. Makanya, meski sejumlah baliho miliknya dirusak oleh orang yak dikenal, dia menyikapinya dengan dewasa.

"Kami menyerukan kepada seluruh pendukungan WIRA agar tidak terpancing
dengan provokasi yang bisa membuat pilkada tidak aman. Meski baliho kami di sejumlah titik dirusak, kami tetap bersikap dewasa. Jangan sampai ada saling balas," katanya berpesan.

Pendaftaran cabup-cawabup sendiri ditutup hari ini hingga pukul 24.00 WIB. Dengan adanya pendaftaran pasangan WIRA berarti sudah ada tiga pasangan calon yang mendaftar. Dua pasangan lainnya adalah MUKTI (Munir Al Fanani - Wiwik Nuriati), yang diusung oleh PKB dan PKPI. Kemudian Nyono Suharli - Munjidah Wahab (NOAH), yang diusung oleh Partai Golkar, PPP, PKS, serta Partai Demokrat. [suf/kun]