Gus Ipul Tutup Harlah NU ke-87 di Ploso Jombang

Gus Ipul Tutup Pasar Murah Harlah NU
Senin, 11 Februari 2013 18:59:40 WIB
Reporter : Yusuf Wibisono

Jombang (beritajatim.com) - Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf atau Gus Ipul menutup kegiatan pasar murah dalam rangka Harlah NU ke-87 di Kecamatan Ploso Jombang, Senin (10/2/2012). Acara yang digelar selama dua hari itu merupakan kerjasa PCNU Jombang dengan PBNU.

Dalam sambutannya, Gus Ipul meminta warga NU harus siap
menghadapi persaingan pasar bebas. Hal ini menyusul telah ditantanganinya kesepakatan antar negara, khususnya negara yang tergabung dalam ASEAN.

"Menghadapi pasar bebas tingkat ASEAN ini, NU berkepentingan melindungi warganya. PBNU memiliki kepentingan untuk menjaga warganya agar tetap mengkonsumsi makanan yang tingkat halalnya jelas. Selain itu, juga mengggunakan barang yang benar benar halal," ujarnya.

Mantan Ketua PP GP Ansor ini menambahkan, dalam pasar bebas, tenaga kerja juga bebas keluar masuk antar negara. Begitu pula dengan kebutuhan konsumsi. Untuk itu, lanjut Gus Ipul, PBNU sangat berkepentingan menjaga warganya
agar tetap membiasakan mengggunakan barang yang jelas halalnya dan tetap mengkonsumsi makanan yang halal.

Sementara itu, antusias warga mengunjungi pasar murah tersebut cukup tinggi. Barang-barang kebutuhan pokok yang di jual ludes diserbu pembeli. "Untuk total berapa yang terjual belum kita hitung, secara keseluruhan. Namun antusias warga sangat tinggi," ujar Bambang koordinator Pasar Rakyat dari PBNU usai penutupan.

Disamping, kebutuhan pokok yang disediakan PBNU, berbagai makanan kecil produksi warga NU Jombang juga ikut memeriahkan pasar rakyat. "Ini produksi warga Desa Tamping mojo Tembelang. Satu bungkus hanya Rp 5 ribu," ujar Solihin sembari memamerkan keripik sukun buatannya. [suf/kun]