Apakah Mencium Istri Membatalkan Wudlu?

Assalamualaikum Ustadz Dimas,
Selamat menjalankan 10 hari terakhir ramadlan, maaf saya mau tanya tentang bab wudlu, adapun pertanyaan saya sbb:
1. Apakah keluar air madzi membatalkan wudlu?
2. Apakah mencium istri itu juga membatalkan wudlu?
3. Saat saya sholat, sering merasa ada sesuatu dlm perut, seperti proses kentut (maaf) tapi saya merasa tidak ada yg keluar dari lubang belakang, apakah saya masih suci? Saya jadi ragu dengan sholat saya.
Wassalamualaikum Ustadz,
(Bpk Wahono, Tegal)
+62818319xxx


Jawab:
Waalaikumsalam,
Selamat beribadah ramadan juga buat sampean, semoga ramadan ini bisa membuat kita jadi lebih baik dari kemarin, Aamiin...
Masalah wudlu sangat penting, karena menentukan untuk ibadah kita setelahnya, terutama sholat, dibawah ini jawaban saya untuk pertnyaan sampean:
1. Kalau yg keluar air mani sampean wajib wudlu lagi, namun tidak dengan air madzi, monggo benar-benar dipahami perbedaan antara air madzi dan air mani.
2. Mencium atau bersentuhan dengan istri tidak membatalkan wudlu, beda dengan bila kita tersentuh/bersentuhan dengan lawan jenis yang bukan pasangan kita.
3. Selagi sampean tidak mendengar suara, atau tidak mencium sesuatu, atau tidak merasakan sesuatu keluar dari lubang belakang tidak perlu berwudlu, cukup yakinkan diri/hati untuk tetap fokus dan kusyuk dalam sholat.
Wassalamualaikum.



Tanya Jawab Diasuh Oleh:
Dimas Cokro Pamungkas S.pd (Gus Dimas)
Ketua Qurrota A'yun Psychology Consultant
Ketua Pencak Silat NU Pagar Nusa Gudo Jombang

Bila ada pertanyaan silahkan dismskan ke nomor 081559551234 atau ke email dimascokropamungkas@gmail.com, tolong disertakan biodata Anda (minimal nama dan kota tinggal) terimakasih, semoga bisa membawa manfaat bagi kita semua, Aamiin...